Selamat Datang di Blog Serba Serbi Saya

Minggu, 29 Januari 2012

Intel Itanium 2


Karena Intel Itanium yang pertama merupakan produk gagal, maka dikembangkan prosesor Itanium 2 yang merupakan pengembangan dan perbaikan dari prosesor Itanium yang terdahulu. Itanium 2 telah memperbaiki semua kekurangan dari Itanium versi terdahulu dan memang ditujukan untuk server perusahaan ketimbang untuk alat komputasi kelas high-end.

Itanium 2 yang pertama dikenalkan tahun 2002 dengan code-name McKinley yang merupakan hasil pengembangan dari Intel dan HP. Intel Itanium 2 McKinley berisi 221 juta transistor dimana 25 juta diantaranya dipergunakan untuk unit logic. Intel tidak sendirian dalam pasar server kelas enterprise, AMD pada tahun 2003 memperkenalkan Opteron yang mengimplementasikan arsitektur 64-bit. Opteron dapat dengan cepat diterima pasar karena menyediakan opsi upgrade yang mudah dari arsitektur x86. Intel membalasnya dengan mengeluarkan x86-64 prosesor Xeon-nya pada tahun 2004. 





Pada tahun 2003, Intel memperkenalkan anggota dari Itanium 2 yang baru, yaitu Madison yang menggunakan proses fabrikasi 130 nm dan merupakan dasar semua prosesor Itanium 2 baru hingga prosesor Montecito.


Pada Maret 2005 Intel mengumumkan sedang mengerjakan prosesor Itanium 2 yang baru dengan code-nama Tukwilla yang akan dikenalkan pada tahun 2007. Tukwilla akan memiliki 4 core prosesor dan mengganti BUS Itanium dengan Common System Interface yang baru, dimana akan dipakai juga oleh prosesor Xeon. Walaupun dijanjikan pada tahun 2007, Tukwilla baru dikenalkan pada akhir 2008.

Pada November 2005 perusahaan yang menggunakan server Itanium dan sejumlah vendor software terkemuka bergabung dalam Itanium Sollutions Alliance dalam rangka memperkenalkan dan mengembangkan arsitektur Itanium. Pada tahun 2006 Intel memperkenalkan Montecito dengan nama pasar Itanium 2 9000 series, sebuah dual core prosesor dengan performa dua kali lipat lebih baik dan hemat energi sampai 20 persen. Lalu pada November 2007, Itanium 2 9100 series dikenalkan dengan code name Montvale. Baru pada 8 Februari 2010 Intel memperkenalkan Itanium 9300 series dengan code name Tukwilla. Tukwilla memakai proses fabrikasi 65 nm dengan 2 sampai 4 core, cache yang dapat mencapai hingga 24 MiB, Hyper Threading Technology dengan memory controller. 


Mengimplementasikan double-device data correction untuk memperbaiki memoy errors dan menerapkan QPI (Quick Path Interconnect) untuk menggantikan arsitektur BUS Itanium, dimana memiliki kecepatan transfer interprocessor hingga 96 GB/s dan bandwith memori sampai 34 GB/s.

1 komentar:

  1. I enjoyed your post. It’s a lot like college – we should absorb everything we can but ultimately you need to take what you’ve learned and apply it.

    Ford Probe AC Compressor

    BalasHapus