Selamat Datang di Blog Serba Serbi Saya

Minggu, 29 Januari 2012

LAN, MAN, dan WAN

Dilihat dari sekup dan luasnya, jaringan komputer secara geografis dapat dibedakan menjadi tiga kelompok:

1. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan yang sifatnya internal dan biasanya miliki pribadi dalam sebuah instansi kecil maupun menengah. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer probadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk pemakaian sumber daya bersama dan sebagai sarana untuk saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya. Lan sangat mudah untuk diaplikasikan termasuk di rumah. Misalnya anda memiliki komputer lebih dari satu buah, anda bisa menghubungkannya dengan menggunakan kabel UTP. Selanjutnya setting IP dan workgroup. Untuk nama workgroup bebas, asalkan semua komputer yang ingin dihubungkan menggunakan nama workgroup yang sama. Selanjutnya adalah setting IP. Biasanya IP yang digunakan adalah 192.168.1.1. Untuk angka 1 yang terakhir merupakan kode untuk komputer masing-masing. Jika komputer satu menggunakan 1, maka kode untuk komputer lain adalah kelanjutanya. Misalnya ada komputer A, B, C, D. Maka untuk IP-nya adalah A=192.168.1.1, B=192.168.1.2, C=192.168.1.3, D=192.168.1.4, begitu seterusnya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan jaringan komputer yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya ukurannya lebih luas daripada LAN. Biasanya MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau antar sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi maupun umum.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan yang jangkauannya paling luas, seringkali mencakup negara bahkan benua. WAN terdiri dari LAN, MAN, dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai. Di dalam WAN diperlukan beberapa perangkat, yakni:
a. Router
b. ATM Switch
c. Modem
d. CSU/DSU
e. Communication Server
f. Multiplexer
g. X.25/Frame Relay Switches

Tidak ada komentar:

Posting Komentar