Selamat Datang di Blog Serba Serbi Saya

Minggu, 29 Januari 2012

Jaringan Komputer


Jaringan komputer (computer network) dapat diartikan sebagai dua atau lebih komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah sistem komunikasi, melalui media transmisi atau media komunikasi hingga dapat saling berbagi data, aplikasi, dan berbagai perangkat keras.
Perbedaan mendasar dari jaringan komputer dan komunikasi data sebagai berikut:
1. Komunikasi data lebih cenderung pada keandalan dan efesiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik ke tujuannya.
2. Jaringan komputer menggunakan teknik komunikasi data, teapi lebih mementingkan arti dari tiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima ditujuannya.

A. Perlunya Jaringan Komputer
Awalnya komputer didefinisikan sebagai sistem yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga manusia sebagai brainware-nya. Namun saat ini, sebuah sistem komputer didefinisikan sebagai perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan, manusia tetap berdiri sebagai si pengelola yang membangun sistem, memberikan perintah, dan menjaganya.

B. Manfaat Jaringan Komputer
Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam suatu jaringan komputer. Manfaat-manfaat tersebut sebagai berikut.
1. Jaringan komputer memungkinkan seseorang untuk mengakses file yang dimilikinya, atau file orang lain yang telah diijinkan untuk diakses, dimana pun dan kapan pun.
2. Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung secara cepat dan efisien.
3. Jaringan komputer memungkinkan adanya sharing hardware antar client-nya.
4. Jaringan komputer memungkinkan seseorang berhubungan dengan orang lain di berbagai negara dengan menggunakan komunikasi via teks, gambar, audio, dan vidio secara real time.
5. Jaringan komputer dapat menekan biaya operasional, seperti pemakaian kertas, dan pembelian hardware.

c. Tipe Jaringan
Beberapa tipe jaringan komputer sebagai berikut.
1. Peer to peer (workgroup).
Pada jaringan tipe ini semua komputer berkududukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider).


2. Client server (domain).
Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur dan membagikan informasi ke setiap PC client yang terhubung dengannya. Server (pelayan) menyediakan sarana pada client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras, dan mengonfigurasi security pada suatu jaringan.


3. Dump terminal
Model jaringan ini menjadikan seluruh sistem terpusat ke server (sistem operasi, aplikasi, storage, dan media lainnya akan terpusat di server). Hanya ada LAN card yang sudah dikonfigurasi agar waktu dinyalakan dapat langsung tersambung ke server. Pada sisi client yang menggunakan tipe jaringan ini, berupa komputer lama yang sudah tidak terpakai lagi, atau juga bisa membeli perangkat khusus yang ditujukan untuk tipe jaringan model ini. Diantara contoh perangkat yang sering dipakai antara office station, office star, dan optoma.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
a. LAN
Lokal Area Network biasanya menghubungkan antar-komputer satu dengan komputer lainnya, atau bisa juga node satu dengan node lannya. Daerah jangkauan LAN yang tidak terlalu jauh, misalnya saja dalam suatu ruangan atau dalam satu area dengan radius antara 100 m sampai 2.000 m, tergantung dari kabel yang digunakan. Kecepatan pada jaringan lokal relatif tinggi, mulai dari 1, 10, 100 sampai 1.000 Mbps.


b. Inter-Network
Inter-network atau disebut juga inter jaringan adalah pengembangan dari jaringan lokal. Misalnya pada suatu kantor besar, komputer setiap departemen akan digabungkan menjadi satu dengan departemen yang lainnya, berarti administrator jaringan menggabungkan dua jaringan lokal yang ada.


c. MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN adalah jaringan yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lain, dengan radius sekitar 10 – 50 km dan masih berada pada kota yang sama. Misalnya suatu perusahaan memiliki cabang masih dalam satu kota. Ada dua cara untuk membuat jaringan ini yaitu dengan bantuan jasa perusahaan telekomunikasi dan bisa dengan menggunakan teknologi wireless.


d. WAN (Wide Area Network)
Jaringan komputer ini merupakan gabungan dari ketiga jaringan di atas, yang mana telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh. Jika dilihat dari segi fungsi, sebenarnya hampir sama dengan fungsi jaringan pada MAN. Untuk jaringan ini sangat diperlukan bantuan dari perusahaan yang spesialisasi bergerak di bidang komunikasi (misalnya Telkomsel atau Indosat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar